Listrik Searah (DC)

Kalau kita perhatikan lampu penerangan yang terdapat pada kendaraan bermotor, sumber listriknya tidak lain berasal dari battery atau akumulator (Akku/Accu). Akumulator adalah termasuk sumber listrik yang dapat menghasilkan Tegangan Listrik Arus Searah (DC). Prinsip kerja dari aumulator adalah berdasarkan proses kimia.
Bentuk fisik dari akumulator adalah seperti pada gambar dibawah ini :

Akumulator termasuk dalam jenis battery basah, selain daripada itu dalam bidang listrik dan elektronika selain battery basah kita mengenal pula istilah battery kering yang bentuknya seperti pada gambar di bawah ini :

Dengan perkembangan teknologi elektronika saat ini, listrik arus searah (DC) dapat dihasilkan dengan cara merubah Arus bolak-balik (AC) menjadi Arus Searah (DC) dengan menggunakan suatu alat yang disebut Power Supply atau Adaptor. Salah satu contoh dari Rangkaian Power Supply ini adalah seperti pada gambar di bawah ini :

Sebagai dasar dari rangkaian Power Supply adalah sebuah komponen diode yang berfungsi sebagai penyearah, artinya adalah dapat merubah dan menyearahkan arus bolak-balik (AC) menjadi Arus Searah (DC). Simbol dari arus searah adalah seperti pada gambar di bawah ini :

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: